Tips mudah untuk mengajukan pinjaman usaha

Apakah Anda berencana untuk mengajukan pinjaman atau kredit pinjaman usaha untuk mengembangkan bisnis Anda? Ikuti tips berikut ini supaya rencana kredit usaha Anda berjalan dengan lancar. Berbicara usaha atau bisnis, bukan hanya modal berbentuk uang yang selalu dibutuhkan pebisnis/pengusaha. Karena ada modal lain yang diperlukan seperti skill, kreativitas, jaringan, motivasi dan tekad yang kuat untuk menjaga bisnis tetap berjalan. Namun, jika Anda ingin mengembangkan usaha, modal uang adalah masalah yang selalu dibahas. Berikut  ini adalah beberapa tips sederhana pada saat Anda ingin mengajukan kredit.

Tentukan tujuan dari uang yang ingin Anda pinjam

Ketika berhubungan dengan pinjaman usaha, terdapat alasan baik dan buruk. Alasan yang baik adalah bahwa uang yang Anda pinjam terkait dengan tujuan membiayai peralatan, membeli real estat, mengembangkan perangkat lunak jangka panjang, atau mengembangkan produk pada musim tertentu (misalnya, menjual pakaian pada saat lebaran). Alasan buruknya adalah bahwa uang yang Anda pinjam digunakan untuk membantu mengatasi kerugian finansial yang sedang berlangsung, membuka kantor, atau mendapatkan aset usaha yang tidak penting.

Tentukan berapa banyak jumlah uang yang dibutuhkan

Sebagian besar usaha kecil tidak membutuhkan pinjaman besar. Jangan meremehkan jumlah uang yang ingin Anda ajukan. Karena pemberi pinjaman juga mengevaluasi ukuran bisnis Anda. Jika Anda melebih-lebihkan jumlah uang yang ingin Anda pinjam dan tidak sebanding dengan nilai bisnis Anda, kreditor juga akan mempertanyakan Anda sebagai pemilik bisnis dan kredibilitas Anda. Cobalah untuk mempunyai serta membuktikannya dengan rencana anggaran yang didukung oleh proyeksi keuangan untuk bisnis Anda. Misalnya, seperti laporan untung rugi yang masuk akal dan laporan arus kas.

Mengetahui nilai kredit Anda

Seperti pinjaman lainnya, setiap pemberi pinjaman melakukan evaluasi. Anda akan melihat skor kredit atau kapasitas kredit yang Anda miliki. Jadi cobalah untuk mencari tahu apa yang pemberi pinjaman cari dan bagaimana Anda dapat membandingkan skor yang Anda miliki dengan harapan mereka.

Membandingkan pinjaman dan bank

Setiap bank atau pemberi pinjaman memiliki kriteria dan persyaratan yang berbeda. Bahkan, mereka juga memiliki bunga pinjaman yang berbeda. Cobalah membandingkan bank yang memiliki pinjaman usaha. Coba cari bandingkan untuk bank yang ingin Anda pilih. Cara termudah adalah membandingkan pinjaman usaha secara online.

Menyiapkan paket aplikasi pinjaman

Paket di sini merupakan dokumen pinjaman yang ingin Anda kirim. Anda harus siap dengan setiap dokumen yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen ini umumnya adalah:

  • Data Anda sebagai pengusaha dan rencana bisnis Anda
  • Laporan dan perkiraan keuangan, laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas
  • Informasi keuangan pribadi, Informasi transaksi berjalan (rekeningkoran) dan pajak

Perlu diingat bahwa pemberi pinjaman juga meriset bisnis Anda dalam evaluasinya.

Cobalah menunggu

Jangan terburu-buru untuk mendapatkan pinjaman setelah mengajukan permohonan. Jangan berharap menerima respons dalam 2 – 4 minggu. Periksa status Anda. Karena beberapa pemberi pinjaman umumnya memerlukan dokumen tambahan.

Reply