Beberapa alasan mengapa usia wanita lebih panjang dari pria

Pria memang bisa dianggap lebih kuat dari wanita. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa ternyata wanita memiliki harapan hidup yang lebih lama daripada pria. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh Centers for Disease Control and Prevention, wanita memiliki harapan hidup yang cenderung lebih lama daripada pria. Kesimpulan tersebut diperoleh dari berbagai penelitian tentang  harapan hidup di Amerika Serikat.

Studi yang dikutip oleh Health menyatakan bahwa orang tua memiliki usia rata-rata hingga 78 tahun 9,5 bulan dengan harapan hidup lebih lama daripada wanita. Bahkan, para peneliti memperkirakan bahwa seorang gadis yang lahir pada tahun 2012 dapat hidup hingga 81,2 tahun. Kemudian bayi laki-laki yang lahir pada tahun yang sama diperkirakan bisa hidup sampai umur 76,4 tahun, 5 tahun kurang sedikit daripada anak wanita.

Mengapa wanita bisa hidup lebih lama daripada pria? Adapun perbedaan harapan hidup disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut.

Wanita lebih perhitungan

Wanita mempunyai lobus frontal otak yang berkembang lebih cepat dari pria. Kondisi fisik ini terkait dengan tanggung jawab dan risiko perhitungan sehingga wanita tidak mudah terkena luka/cedera yang tidak disengaja. Berbeda dengan pria, cedera ini adalah penyebab kematian nomor tiga pada pria dan hanya penyebab kematian nomor enam pada wanita.

Wanita lebih kuat di dalam rahim

Menurut Marianne Legato, profesor dari kedokteran klinis di Columbia University College of Psychiatry and Surgeons dan direktur Foundation for Gender Medicine, mengatakan bahwa pria lebih sensitif terhadap infeksi atau masalah prenatal di dalam rahim. Kemudian, perkembangan fisik pria sebelum kelahiran lebih lambat daripada wanita. Hal Ini meningkatkan risiko kematian bagi pria jika mereka dilahirkan secara prematur karena perkembangannya belum lengkap, misalnya di organ paru-paru dan otak.

Baca Juga:   Mengapa Anda bisa lebih kaya dengan hidup lebih sehat?
Wanita lebih kuat terhadap penyakit jantung

Kita tahu bahwa Badan Kesehatan Dunia telah mengumumkan bahwa penyakit jantung adalah penyebab utama kematian bagi pria atau wanita. Sayangnya, kecenderungan untuk penyakit ini berkembang dan risiko kematian lebih cepat di usia 30 dan 40 untuk pria. Sebaliknya, perkembangan penyakit jantung pada wanita terjadi 10 tahun lagi hingga menopause. Ini karena wanita memiliki hormon estrogen, yang membuat arteri lebih kuat dan lebih fleksibel.

Wanita menjaga kesehatan mereka dengan lebih baik

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita lebih memperhatikan kesehatan daripada pria. Persentasenya adalah 24% lebih sedikit pria mengunjungi dokter dalam setahun dibandingkan wanita. Menurut Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan, sekitar 22% pria melewatkan tes kolesterol. Sementara hasil survei yang dikutip oleh Kaiser Family Foundation menunjukkan, lebih dari 28% pria tidak memiliki dokter reguler. Bahkan satu dari lima orang pria tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Karakter sosial wanita lebih kuat

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Brigham Young pada tahun 2010, kebiasaan seorang wanita mengungkapkan kekhawatiran dengan curhat atau berbicara dengan orang lain, telah terbukti memiliki dampak yang baik terhadap harapan hidup. Karena kebiasaan memiliki hubungan sosial yang kuat, wanita dapat mengurangi risiko kematian hingga 50%. Namun, tentu saja berbeda dari seseorang dengan ikatan sosial yang rendah. Ini juga alasan mengapa harapan hidup wanita lebih tinggi karena pria cenderung menahan perasaan. Berita baiknya adalah bahwa pria yang sudah menikah mempunyai hidup lebih sehat dan hidup lebih lama.

Reply